You Who Came From The Stars: Review 1

Baru-baru ini baru selesai menamatkan sebuah serial drama Korea berjudul You Who Came From The Stars. Memang agak telat baru menulis tentang drama yang terbilang fenomenal ini, karena memang juga gak menonton ini saat on going melainkan menonton ini ketika dramanya memang sudah habis masa siarnya di Korea sana. Saya memang cuma punya waktu sabtu – minggu untuk bisa menonton Kdrama, itu juga masih dipakai sambil fangirling, belum lagi kalau sabtu – minggu masih dipakai buat lembur atau ada acara lainnya. Jadilah, menonton drama sekarang menjadi sesuatu hal yang sulit -___-”

Tapi jangaaan sedih, saya ada sedikit tips ini buat kamu yang susah punya waktu buat nonton drama Korea kesukaan kamu tapi masih ingin menonton.

1. Diusahakan mendownload setiap episode perminggunya, meski tidak langsung menontonnya yang penting sudah download saja dulu. (Download doang bisa dilakukan sehabis pulang kerja atau saat apalah, toh saat download kita bisa sambil mengerjakan yang lainnya: kepoin instagram/ twitter siapa gitu contohnya hehe). Nah, meski tidak langsung menontonnya setidaknya kita sudah mempunyai file drama yang mau kita nonton pas weekend atau saat senggang. Jadi pas waktunya weekend tidak perlu menghabiskan waktu percuma menunggu donlotan selesai.

2. Jangan gatal mata untuk melihat spoiler yang bertebaran! Nah, ini yang susaaaah nih. Sangat penasaran memang jika kita sedang membuka suatu situs/ portal Kdrama yang sedang membahas suatu drama yang belum kita tonton. Belum lagi jika ada teman yang menulis status tentang drama tsb, atau lebih parahnya ada teman yang membocorkan langsung jalan ceritanya sama kita. Mending kita tutup mata dan telinga rapat-rapat deh sama spoiler begini, karena efek surprise dari cerita akan kurang terasa ketika kita menonton drama tsb. Jadi, meskipun kita telat baru menonton suatu drama bukanlah berarti kita tidak bisa merasakan euforia “fresh” ketika menikmatinya. Untuk baca review atau sekedar sinopsis garis besar sih masih bolehlah.

3. Cari waktu yang benar-benar nyaman untuk menonton drama kesukaan kamu. Buat prioritas terlebih dahulu (misalkan kita sedang tertarik sama 3 buah drama sekaligus. Tontonlah yang benar-benar buat kamu penasaran, jangan dibarengi nontonnya karena bisa jadi kamu akan berhenti menonton salah satu drama yang lain dikarenakan salah satu drama yang lain lebih oke). Ini pengalaman beneran nih, saya seringkali berhenti di tengah jalan nonton drama karena tergoda menyelingkan serial drama lainnya. Misal, saya berhenti di episode 14 I Miss You karena sambil nonton Dr. Jin yang lebih bikin penasaran, nah saat saya selesai nonton Dr. Jin, saya menjadi kurang selera lagi terhadap drama I Miss You (jadinya hingga sekarang belum tamat juga TT__TT).

4. Buat list drama yang bagus berdasarkan rekomendasi orang-orang. Meski sedang ada di kantor saya masih sempat curi-curi buka tab untuk buka blog teman-teman yang membuat rekomendasi judul drama Korea yang bagus. Inget yah, kembali ke point no. 2 bahwa hanya sebatas mencari tahu sinopsis, cast pemain drama tersebut, ratingnya, ini berguna dalam penyeleksian saat download. Jangan sampai waktu terbuang hanya untuk mendownload drama yang dibawah rata-rata dan kurang layak ditonton. Karena sebagai seorang pekerja seperti kita, waktu free itu terbatas jadi harus benar-benar quality time hehe.

Baiklah itu 4 tips dari saya buat kalian yang memiliki problem yang sama, bagaimana menyiasati hobi menonton drama dengan waktu yang minimalis😀

 

Balik lagi ke You Who Came From The Stars (Seterusnya saya singkat jadi YWCFTS). Adalah drama yang memiliki 21 episode, dimainkan oleh aktor tampan Kim Soo Hyun dan aktris cantik yang sudah lama banget gak main di serial drama yaitu Jun Ji Hyun. Pengalaman saya terhadap keduanya gak banyak, saya cuma pernah menonton Kim Soo Hyun di Dream High sebelumnya dan Ji Hyun di film Sassy Girl. Bisa dibilang saya gak nge-fans amat-amat sama keduanya, jadi faktor “main cast” dalam proses saya memilih drama ini untuk ditonton tidak berlaku. Beda ketika saya memilih Fashion King/ When A Man Loves karena saya fans dari Shin Se Kyung (jadi, mau drama ini bagus apa enggak bodo amatan karena yang main si Se Kyung, kesukaan. Disini faktor “main cast” berlaku). Sedangkan di YWCFTS saya tertarik karena genrenya saya suka yaitu rocom (romantis comedy), lalu genrenya fantasy (saya suka genre ini seperti halnya drama My Girlfriend is Gumiho). Ditambah banyak banget orang-orang ngomongin nih drama, ngebahas di twitter. Jadilah YWCFTS terpilih sebagai drama yang akan saya habiskan di waktu weekend hehe…

Sinopsis

YWCFTS secara garis besar bercerita tentang seorang pria yang ternyata adalah alien yang sedang turun ke bumi saat masa dinasti Joseon. Si pria ini tidak bisa pulang ke planetnya lagi karena menolong seorang gadis bangsawan berumur 15 tahun yang baru saja menjadi janda dan dikejar-kejar untuk dibunuh. Gadis itu pernah bilang kalau dia mau ketemu lagi sama si pria saat dia sudah dewasa dan sudah cantik, gadis itu jatuh hati rupanya. Sedangkan si alien juga sepertinya jatuh hati dan sedih ketika pada akhirnya di depan matanya sendiri si gadis mati terkena panah.

400 tahun kemudian, si alien masih hidup di bumi, masih tampan karena ia tidak bisa tua, kini namanya Do Min Joon. Singkat cerita, ia bertemu dengan Cheon Song Yi seorang aktris yang umurnya menjelang 30 tahun. Ternyata wajah remaja Song Yi sangat mirip (memang bukan mirip lagi, tetapi 100% sama) dengan gadis di era Joseon yang ditolong si alien. Dan ternyata saat remaja pun Song Yi pernah ditolong Do Min Joon dari kecelakaan maut. Ketika Do Min Joon kembali bertemu dengan sosok gadisnya 400 tahun lalu di wajah Song Yi, hatinya kembali bergetar. Tetapi sosok Song Yi benar-benar jauh dari perkiraan Do Min Joon, Song Yi digambarkan sebagai aktris yang menyebalkan, suka main perintah, pabo, suka nyanyi-nyanyi, teriak-teriak, alias gak ada jaim-jaimnya deh jadi artis hahaha.

Song Yi juga suka sama Do Min Joon tanpa tahu dia adalah alien, karena ketika kapanpun Song Yi membutuhkan pertolongan Do Min Joon selalu datang membantu. Tetapi, membantu disini juga dengan ekspresi “dingin”, dengan ekspresi ketidaksukaan, dengan kata-kata tajam milik Do Min Joon (padahal dalam hatinya dia sayang banget sama Song Yi). Do Min Joon berprilaku seperti itu karena di sadar waktu yang dia miliki hanya 3 bulan lagi, setelah itu ia akan kembali ke bintangnya berasal.

Inti dari cerita ini adalah sebuah takdir, dimana Do Min Joon meskipun 400 tahun lamanya hidup di bumi ia tetap akan jatuh cinta kepada Song Yi yang bisa jadi adalah reinkarnasi dari si gadis Joseon. Begitu juga dengan Song Yi, meski ada satu pria yang sudah mencintainya 15 tahun lamanya, hatinya tetap tidak terbuka. Hatinya hanya ditakdirkan terbuka untuk Do Min Joon. Plot cerita ini mengarah kepada pertanyaan bagaimanakah endingnya? setelah 3 bulan apakah alien akan meninggalkan gadis yang ia cintai, gadis yang mati-matian ia lindungi? atau ia tetap di bumi bersama Song Yi dengan konsekuensi ia akan lenyap? atau Song Yi rela melepaskan Do Min Joon kembali asal ia tidak mati? atau juga mereka bersama sampai Song Yi menua, sedangkan Do Min Joon masih muda, dan ia akan kembali ditinggalkan karena Song Yi pasti suatu saat akan meninggal?

Yang jelas drama ini sangat rekomen untuk ditonton (bahkan untuk ditonton lebih dari sekali :p), ide cerita yang fresh, dipenuhi dengan scene heroik sang alien ketika selalu membantu Song Yi, scene lucu kocak Song Yi yang mengundang banyak tawa, tak lupa scene romantis dua tokoh utama yang mampu bikin hati berdesir-desir❤. Siapin tisu juga yaa saat menonton episode-episode menjelang akhir karena bakal banyak adegan yang menguras air mata😥

Untuk OST juga lumayan bagus-bagus. Apalagi lagu yang judulnya My Destiny, lagunya bisa pas banget sama isi ceritanya *mewek. You’re my destiny, you’re my everything, I only looking at you as  I call out to you silently…pas banget liriknya ngegambarin hati si pria yang cuma bisa bilang “aku mencintaimu” ketika waktu terhenti.

Selain 2 tokoh utama ini, drama ini juga menarik karena dibumbui intrik misteri yang datang dari tokoh antagonis yang membuat drama ini makin spesial deh. Baiklah saya memberi 5 bintang ***** untuk drama ini. Sukaaaaa!

 

To be continue…

Untuk di part selanjutnya mau bahas tentang scene favorite di dalam drama ini ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s