Diet itu…dimulai dari sekarang!

Diet atau menjaga berat badan nampaknya sudah menjadi hal yang lazim untuk sebagaian wanita, bahkan bisa disebut lifestyle? sama halnya dengan vegetarian yang sudah mencakup bagian dari gaya hidup. Dulu itu saya beranggapan diet bukanlah hal yang perlu saya lakukan, meski banyak bisikan maupun omongan yang menyuruh saya diet. Saya berpikiran dan menjawab semua saran dengan satu kalimat “hidup cuma sekali, masa mau disiksa sama diet sih?”. Saya ini pecinta kopi, pecinta cokelat – keju, penikmat pasta, dan cinta mati sama yang namanya mie. Gak kebayang kalau harus diet dan menanggalkan itu semua makanan dalam hidup saya, apa gunanya hidup kalau gak bisa sama-sama dengan hal yang dicintai? saya pun semakin menjadi-jadi, semenjak kerja pun terlebih lagi menjadi tidak terkontrol dalam belanja atau membeli makanan maupun cemilan dengan leluasa. Bagi saya sudah biasa memasak mie di jam-jam orang terlelap, sudah lumrah nyemil di tempat tidur sambil nonton film. Sampai pada suatu ketika…saya dapet hidayah untuk segera melakukan diet!

Diet aja perlu hidayah ya? hehe…

ya, saya merasakan celana, rok, kemeja yang mulai kesempitan, pipi yang tembemnya sudah tidak bisa ditolerir. Dan, Ayah saya yang orangnya cuek serta diem-diem saja ini pun mulai berkomentar tentang berat badan saya yang sudah tidak sedap dipandang hahaa. Baiklah, pada suatu hari saya seperti mendapat secercah harapan ingin langsing seperti idola saya SNSD (walaupun susah). Tapi, setidaknya saya ingin kembali ke angka yang normal, tidak lebih seperti ini. Saya pun mulai browsing-browsing cara diet yang benar dan cocok untuk kondisi tubuh saya. Lama deh tuh sampai pada akhirnya saya ketemu cara diet yang sekiranya saya mampu  jalani.

Cara diet yang saya tempuh ini adalah cara menurunkan berat badan dengan memangkas kalori. Kita harus tahu seberapa banyak sih kalori yang cukup dibutuhkan sama tubuh kita? Setelah kita tahu, kita mulai cerdas mengetahui berapa kalori pada setiap makanan. Sederhananya sih makan jangan melewati batas dan seperti begini saya harus sarapan, tapi cuma dengan 2 lembar roti gandum. Makan siang itu harus, diutamakan memakan makanan yang berat, saya memilih nasi (kalau bisa nasi merah) 2 sdm saja, ditambah sayur yang banyak, jangan lupa protein seperti tahu tempe. Makan malam cukup jus buah. Saya stop makan yang digoreng, jadi semua serba dibakar, dikukus, direbus. Tidak lagi memakan mie (hiks ini yang paling sedih…), tidak lagi ada cemilan malam seperti cokelat, keju, snack. Dan, yang paling penting adalah minum air putih yang banyak! 8 gelas perhari minimal.

Diet itu juga adalah pintar-pintar mencari menu/ resep biar tidak jenuh dan malah berakibat berhenti di tengah jalan. Saya yang memang hobi masak ini jadi semakin tertantang untuk buat yang beda setiap harinya. Cobain deh makanan seperti pepes tahu, pepes jamur, somay buatan sendiri, dll. Jangan malas untuk makan buah, kalau saya memilih buah seperti buah naga, apel merah, wortel, anggur merah, semangka, pepaya. Buah dicombine sama sayur lalu dijus juga tidak kalah mantap lho🙂 Kalau minum air putih biar lebih gres, saya suka memeraskan lemon ke dalam airnya❤

Diet itu yang tak kalah penting, bahkan paling penting adalah niatnya. Seringkali kita berujar, dietnya dimulai besok saja, keesokkannya berujar dietnya dimulai besok, keesokkannya lagi berujar hal yang sama. Hehehe kalau begitu mau sampai kapan? yang benar yah, diet itu dimulai dari sekarang. Diet yang baik dan benar juga adalah diet yang menyehatkan badan maupun pikiran. Jika kita benar-benar sudah masuk kedalam program diet yang benar-benar, sejatinya kita tidak akan mengeluh. Seperti contoh, ada seorang teman yang memakan burger di depan kita, lalu kita secara spontan bilang “enak yah yang bisa makan burger…”. Ya, lontaran kita itu menandakan kita masih belum benar-benar paham diet itu seperti apa. Diet itu bangga dengan menu yang kita punya dan tidak mengeluh sedikitpun.

 

Semoga program diet saya berjalan lancar, amin.

Hidup sehat!

Leave a Reply

