Film Divergent: Faksi apa yang menggambarkan dirimu?

Poster film

Poster film

Kesan pertama nonton film Divergent tuh menyenangkan! fantasy emang genre paling saya sukai dalam perfilman, so pasti jadi film ini berhasil masuk ke film kesukaan. Film Divergent memakai sudut pandang orang pertama (ke-aku-an), orang pertama disini adalah si Beatrice yang kemudian berubah nama menjadi Tris. Dia di awal film menjelaskan kalau di kotanya itu terbagi 5 faksi yang menjalankan tugas masing-masing dalam menjaga kedamaian. Apa saja kelima faksi itu?

1. Erudite: faksi si orang-orang jenius alias pintar (digambarinnya orang-orang yang berkutat sama labotarium gitu)

2. Amity: faksinya orang-orang peaceful yang baik nan harmonis (digambarin orang-orang yang membumi, bercocok tanam)

3. Candor: faksi si orang-orang jujur (semacam di lingkungan hukum, simbolnya aja neraca khasnya libra yang mengandung nilai keadilan)

4. Dauntless: faksi si orang-orang kuat dan pemberani (digambarkan sebagai pihak keamanan/ polisinya kota)

5. Abnegation: faksi si orang-orang berhati baik (selfless) yang suka menolong tanpa pamrih (jelas banget digambarin sebagai sukarelawan yang menolong orang-orang). Faksi ini yang menjadi pemimpin pemerintahan karena pelayanannya.

 

Si Tris ini tumbuh berkembang di lingkungan Abnegation tetapi sejak kecil sudah nampak hasratnya menjadi seorang Dauntless. Hingga sampai pada akhirnya acara pemilihan faksi buat anak-anak yang sudah cukup usia memilih sesuai bakatnya, walaupun sebelumnya diadakan tes terlebih dahulu. Ini scene bikin kangen tiba-tiba sama Harry Potter dengan topi seleksinya hiks, bedanya topi seleksi memilihkan seorang anak atas 4 asrama di sekolah Hogwarts. Si topi membaca bakat si anak namun juga dengan mempertimbangkan keinginan terbesar (kasusnya si Harry yang bakatnya di Slytherin, namun kemauan dia di Gryffindor membuat dia akhirnya bergabung sama anak-anak baik di Gryffindor). Sebenarya selain mengingatkan akan Harry Potter, Divergent juga mengingatkan akan film Hunger Games dengan 12 distriknya. Balik lagi ke Divergent, pada tes hari pertama nih ceritanya si calon faksi diberi semacam serum yang menghasilkan suatu ilusi, nah dari ilusi ini kelihatan kecendrungan bakatnya. Si Tris ini ketika di tes sama instrukturnya hasilnya bikin si instruktur kaget karena dia gak masuk ke-5 faksi yang ada. She’s Divergent, yang mana dia berjiwa penolong (Abnegation), juga pintar (erudite) sekaligus pemberani (Dauntless). Tetapi, si instruktur menyuruh Tris merahasiakan itu dari siapapun karena berbahaya. Tris nurut aja dan ngaku ke keluarganya hasil tesnya Abnegation.

Pas keesokan harinya, hari dimana calon faksi memilih sendiri dengan kesadarannya faksi mana yang ia inginkan di depan pimpinan-pimpinan pemerintahan. Tris dengan yakin memilih untuk menjadi Dauntless, Ayah – Ibunya yang ngelihat agak sedikit kecewa sama pilihan Tris tapi mau bagaimana lagi itu hak mutlak si calon faksi buat milih jalan hidupnya. Singkat cerita si Tris akhirnya masuk Dauntless, bagaikan kehidupan militer deh ini mulai dari latihan-latihan fisik, uji nyali bangetlah hidup di Dauntless. Kalau saya jadi Tris yang cantik begitu mah ogah banget masuk Dauntless, tiap hari olahraga mamen! mana tidurnya di camp yang macem barak-barak tentara hoho. Tapiii…saya bakal pikir ulang kalimat saya sebelumnya, gak apa kali yah tiap hari disiksa perploncoan kalau instrukturnya ganteng macem si Four❤

Four <3

Four❤

Four seorang instruktur Dauntless yang senyumnya mengingatkan aku pada sosok cinta pertamaku Robin Van Persie!!! Ah, delusi atau emang beneran mirip tapi emang yang meranin Four ini ganteng, tipe saya lah (´⌣`ʃƪ), oh ya nama pemeran Four ini si  Theo James. At least, di tempat kelam mencekam macam Dauntless ada secercah harapan karena si Four hahahaa. Tris sama Four ini saling suka dan pada akhirnya ketahuan Four juga adalah seorang Divergent. Four juga yang pada akhirnya membantu Tris dalam usaha para pemerintah membuang siapa-siapa saja yang Divergent. Golongan Divergent yang berbeda dari orang kebanyakan ini memang kudu dimusnahkan karena jalan pemikirannya yang berbeda. Si Four ngajarin Tris bagaimana cara memanipulasi serum ilusi supaya Tris tetap aman. Four juga bersama dengan Tris berperang melawan rezimnya Erudite yang meruntuhkan faksi Abnegation dengan memanipulasi faksi Dauntless yang dimanfaatkan kekuatannya buat menyerang Abnegation. Ketuanya Erudite tuh dipimpin sama Kate Winslet, ah kangen banget lihat aktingnya si Ibu satu ini, tapi ya dia jadi tokoh antagonis di film ini.

Untuk endingnya nonton sendiri aja yah gak mau spoiler *lah ini apa?!*

Intinya nih film seru, menarik, dan ada bumbu-bumbu romansanya juga. Tapi, firasat saya sih ini film semiotiknya dari dunia Politik sekarang deh soalnya banyak simbol-simbol gitu. Tapi males ah mau mengkajinya *udah lupa juga sama ilmunya Semiotik* hahaha😀

9/10 buat ceritanya meski endingnya bisa lebih baik sih. Tapi, saya jadi penasaran mau baca novelnya pasti lebih bagus deh. Oh ya, sedikit menghilangkan rasa penasaran nih ada semacam kuis buat mengetahui dimana dari 5 faksi itu yang merupakan bakatmu.

namanya aptitude test: http://divergentthemovie.com/aptitudetest klik aja yah dan mulai jawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan. Nah, di akhir dikasih tahu resultnya.

Kalau saya begini hasilnya: Divergent dengan kecenderungan Erudite dan Abnegation  yang pasti setuju sih sama hasilnya karena Dauntless saya paling rendah wkwkwk memang orang penakut begini😀 Kalau hasil tesnya ini, lalu misalkan besok hari dimana pemilihan faksi dengan cara seperti di film, ya saya gak dateng kali ya? bayangin aja cara milihnya ekstrem gitu pakai menyayat tangan lalu darahnya diteteskan ke kuali faksi yang dipilih (۳ ˚Д˚)۳

the result...I AM

the result…I AM

Tapi Erudite berarti saya si Kate Winsletnya dong yah? *lah seneng* ┐(´_`)┌

Sekian yaaaa review ala-ala-an saya tentang film Divergent. Semoga makin banyak film jenis begini walaupun memakai formula lawas teteuup asik dan enakeun dinikmati ayeey!

3 thoughts on “Film Divergent: Faksi apa yang menggambarkan dirimu?

  1. Ini hasil gua :
    I am #Divergent because I’m kind and selfless. Are you @Divergent? Take the aptitude test to find out now: bitly.com/DivergentTest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s