Hari Bahagia Kami (Part 1)

Assalamualikum…

Sebenarnya sudah lama sekali mau review final tentang wedding aku yang alhamdulillah sudah lewat pada Bulan Desember lalu. Tapi apalah daya namanya pengantin baru ternyata sibuk cyiinn :p

Mumpung lagi senggang dan lagi ingin mengenang ceremony yang memoriam banget di kepala, maka aku akan coba sedikit mereview yah.

Setelah banyak melewati kerumitan, kepusingan, gereget, emosi, tangis, dan hal-hal mendebarkan pada akhirnya tanggal 20 Desember 2015 aku sah menjadi seorang isteri. Dari awal memang sudah berharap menikah itu yang penting direstui orang tua, didoakan orang-orang banyak, keinginan untuk dekorasi harus beginilah, baju pengantin harus begitulah sudah tak terlalu menggebu seperti dulu awal kali berniat menikah. Karena pada akhirnya impian yang terlalu dongeng itu terhempas begitu saja dengan kegagalan yang menyakitkan. Jadi ketika  bertemu pertama kali sama Bey di April 2015 sudah di tahap ingin langsung serius saja karena gak mau lagi mengulang-ulang hal yang sama. April kenal, September tunangan, dan Desember menikah. Dari kacamata orang mungkin terlihat tergesa-gesa.Tapi alhamdulillah semuanya berjalan mulus-mulus saja, memang pasti ada kerikil-kerikil, berantem-berantem kecil selama proses saling mengenal, tapi kita gak pernah sekalipun putus. Semua easy…Jadi, ketika pernikahan itu bisa disegerakan mengapa harus menunggu lama? bertahun2? Ini bukan sama sekali instan, tapi ini semata-mata kami memang dipertemukan untuk saling melengkapi. Disini saya belajar bahwa hubungan yang berhasil bukan ditentukan oleh lamanya bersama.

The BIG Day 

Date/Time : Ahad, 20 Desember 2015 / 08.00 – 09.00 – 11.00-13.00

Venue :Aula Serbaguna dan Masjid Darul Hikam, Kelurahan Jaticempaka – Pondok Gede

Vendor :

Catering: Trubus Catering

Sanggar Rias Kenanga by Vera Dhewayani

Fixography_id

Undangan by Papermint_wedding

Oke direview satu-satu yah secara singkat, padat, dan jelas. Siapa tahu ada yang lagi mencari-cari info di google tentang vendor yang aku gunakan. Jujur saja, waktu sebelum saya fiks pakai Trubus Catering dan masjid darul hikam, bolak-balik saya googling dan hasilnya nihil huhu, ternyata belum ada capeng yang mereview.

 

Venue – Masjid Darul Hikam

rating: 9/10

Berbicara akan venue pilihan kami ini, saya merasa puas sekali dan tidak menyesal. Dari mulai pimpinannya Pak Budi yang sangat welcome sekali, informatif, dan harga sewanya yang sangat-sangat-sangat miringgggg!! Masjid Darul Hikam memang sudah banyak dipakai dalam perhelatan pernikahan.Tempatnya luas yah, parkirnya juga luas, ruang rias yang memadai, waktu awal ketemu Pak Budi dijanjiin mau ditambah beberapa unit ac, dan ternyata bener donggg pas acara aku, terlihat banyak unit ac yang masih baru. Alhamdulillah slama acara tidak ada gangguan teknis, ruangan dingin, tidak sesak. Puassss pokoknya sudah memilih tempat ini sebagai tempat aku sama Bey mengucap janji sehidup semati. Oh ya, pas akad aku pakai masjid di lantai atas. Jadi duduk lesehan baik pengantin dan tamu-tamu, bukan duduk di kursi. Nah pas resepsinya baru di aula serba gunanya di lantai bawah.

DSC_0003.JPG

Keluargaku sedang menyambut iringan keluarga Bey

 

DSC_0122.JPG

Prosesi ijab qabul TT__TT

Waktu prosesi ijab qabul aku memang request untuk diumpetin terlebih dahulu. Biarlah hanya Bey saja yang berjuang hihi. Tapi dari bilik tirai aku masih mendengar dengan jelas Ayah menikahkan aku dengan laki-laki pilihanku. 26 tahun hidup bersama Ayah tanpa pernah hidup terpisah, dan dengan ikhlas ia merelakan aku untuk memulai hidup baru dengan pria yang genap 1 tahun pun aku belum mengenalnya…Saat-saat paling menegangkan ya saat ijab qabul ini, inilah esensi dari pernikahan sesungguhnya, bukan gedung mewah, baju mewah, ataupun dekorasi menakjubkan. Saat dimana seorang ayah menyerahkan pertanggung jawabannya atas anak perempuannya kepada laki-laki yang akan jadi suaminya.

DSC_0134.JPG

Aku mulai masuk panggung hehee

DSC_0144.JPG

disini masih terlihat gugup ^^

DSC_0179.JPG

Senyum mulai mengembang, alhamdulillah sah!

Overall, saya ucapkan terimakasih buat Pak Budi selaku pimpinan Masjid Darul hikam atas fasilitasnya yang nyaman. Pak Budi jg nampak memantau keberlangsungan acara kami. Just info, pembayaran untuk sewa venue ini adalah pertama DP dulu minimal sekian rupiah, lalu setelah itu pelunasan. DP berguna untuk booking agar pada tanggal segitu tidak diambil capeng lainnya. Harga sewa yang diberi sudah include sama uang keamanan dan kebersihan serta kursi lipat sekian banyak. Untuk di masjid Darul Hikam, hari Minggu di minggu keempat biasanya ada acara kuliah rohani sehingga masjid di lantai atas tidak bisa dipakai hingga pukul 11.00.

 

Catering/ Dekorasi/ Entertaint

Jadi kan memang aku pakai jasa Trubus ini sudah all in alias sepaket. Include, catering, dekorasi, entertaint, tata rias pun rekanan dari Trubus yakni Sanggar Rias.Capeng yang gak mau ribet ya memang pilihan paket ini membantu sekali. Di Trubus ada beberapa pilihan paket berdasarkan kuota tamu undangan. Aku waktu itu ambil paket 300 undangan alias 600 pax. Yang aku dapat:

  • 50 porsi menu untuk akad nikah (Aku pilih menu Soto sulung)
  • 5 gubukan yang terdiri dari; 2 galon ice cream, 200 porsi siomay, 200 porsi bakso malang, 100 porsi zoupa soup, 100 porsi sate ayam
  • Menu buffet 250 untuk umum, 50 untuk vip, terdiri dari: nasi putih, nasi goreng, soup kimlo, ikan fillet asam manis, ayam teriyaki, daging dendeng balado, salad, kerupuk, air putih unlimited.
  • ice carving, aneka kue, buah, puding, dan soft drink
  • Nasi kotak untuk petugas gedung disediakan oleh pihak Trubus

Untuk menu akad, aku upgrade jadi 100 porsi soalnya takut ada yang gak kebagian kasihan hehe. Selain itu, aku juga upgrade gubukan zoupa soup jadi 200 porsi. Kalau soal cita rasa aku gak ahli banget huhu, tapi sih alhamdulillah gak ada komen negatif dari para tamu yang aku dengar sesudahnya. Malah ada beberapa yg bilang enak. Aku pribadi gak makan banyak pas acara, karena terlalu excited sama acaranya sendiri. Aku cuma icip somay, zoupa sup, dan ikan fillet pas kelar acara. Ketakutkan yang paling mengganggu selama ini adalah takutnya makanan kurang, sampai-sampai ada tante aku yang memasak rendang dalam mengantisipasi kurangnya makanan. Dan ternyata surprised makanan masih melimpah banget sehabisnya acara. Alhamdulillah bisa dibawa sama saudara-saudara. Guys, ini penting banget loh soal memilih PJ konsumsi. Oke sebelum hari H memang aku yang ngurus ini itu, termasuk soal milih menu yang ngajak kakak2 sama Ayah. Tapi, pas hari H kamu sudahlah masuk kedalam acara itu sendiri, gak mungkin kita juga yang terjun untuk mengawasi perihal catering. Maka dari itu penting sekali menunjuk salah satu tante kamu atau saudara dekat untuk jadi PJ. Lebih baik sih emak-emak yah, yang jelii dan ceriwis hihi, ini untuk jaga-jaga adanya indikasi kecurangan pihak catering.

Untuk makanan dkk aku kasih nilai 8/10

 

DSC_0264.JPG

Penampakan soto sulung di acara akad

 

DSC_0269.JPG

Sudut aneka buah dan puding

DSC_0265.JPG

Sudut buffet

DSC_0278.JPG

sudut vip untuk keluarga

Sekarang kita pindah ke bagian yang tidak kalah penting dari makanan, yaitu Dekorasi. Dari awal aku pingin nuansa yang sweet, jauh dari kata glamour. Nuansa warna pun jatuh ke warna paporit yaitu PINK, lebih spesifiknya dusty pink, alias pink yang agak kepucet-pucetan. Dusty pink dikombine dengan gold untuk menambah akses lebih nyala. Aku request juga hanya mau ada bunga warna pink muda, peach, dan putih. Tapi kenyataannya mas Totok tidak bisa memenuhi keinginan aku. so sad… aku masih melihat bunga warna merah disana sini huhu sebal.

DSC_0394.JPG

Dari paling depan yaitu meja penerima tamu

DSC_0389.JPG

photo corner konsep black n white

Untuk souvenir yang pinky-pinky itu dibelikan salah seorang tante aku, belinya sih di pasar mester Jatinegara. Lalu untuk frame foto minimalis aku beli di olshop Instagram. Kalau frame yang besar beli di Fuji film, kakinya dipinjemin sama Trubus.

DSC_0294.JPG

Gazebo kalau gak salah namanya, letaknya ada di luar aula

 

DSC_0297.JPG

standing lamp di sepanjang menuju masuk aula

DSC_0267.JPG

gazebo utama + bunga berjuntai yang kurang banyak😦

DSC_0268

standing lamp yang di dalam aula

DSC_0275.JPG

dapat pohon mapple juga

DSC_0295.JPG

DSC_0321.JPG

pelaminan

DSC_0285.JPG

tempat keluarga

overall aku suka sama dekorasinya, terlihat manis di mataku🙂 hanya saja ya itu aku kurang suka sama bunga berwarna merah hikss…tapi ya namanya juga keinginan gak bisa semuanya terwujud. Tapi sih pas pertama kali masuk aula ini, aku gak sedetail sebelumnya. Kalau sebelumnya mah baweeell banget, banyak maunya, banyak nanya ke Mas Totok, sok perfeksionis hehe, tapi pas udah hari H nya mah udah legowo “yang penting gue nikah sama pujaan hati” haha.

Nilai aku untuk dekorasi Trubus ialah 7,5/10

Entertaint

Kecewa adalah ketika memasuki review Entertaint. Duhhh kurang suka sama band dan penyanyinya😦 gak bagusss aseliii deh, beberapa temen pun komentarnya begitu. Yang bikin mengkel di hati (bahkan pas aku di pelaminan agak cemberut) karena gak semua list lagu yang aku kasih itu gak dinyanyiin! bukan karena waktu habis, melainkan lagunya diganti gitu aja sama lagu pilihan band ybs. Padahal beberapa lagu itu adalah lagu aku sama Bey😦

Untuk prosesi khirab sebenarnya dalam paket dikasih bonus cucuk lampah atau mang Lengsir. Tapi karena aku gak mau berbau-bau adat, jadi milih opening song nya Shania Twain From This Moment.

Nilai aku disini 5!!!

 

 

 

Nah part 1 nya sampai sini dulu yah, dilanjutkan di part 2 dengan tema sanggar rias, undangan, dan photo prewedding. Makasih yaaa yang sudah membaca tulisan aku ini, semoga bisa bermanfaat. Kalau ada yang mau ditanya langsung japri aja ya ^^

 

2 thoughts on “Hari Bahagia Kami (Part 1)

  1. Akhirnya ketemu juga review Aula Masjid Darul Hikam. Review yang sangat bermanfaat.

    Mbak Virly, kalau boleh tau, berapa biaya sewa Aula Masjid Darul Hikam ini? Untuk bayangan saja. Karena sudah hampir setahun lalu pernikahan Mbak Virly diadakan di sana.

    Terima kasih.

Leave a Reply

